Faktor Risiko yang Menjadi Penyebab Kanker Serviks

Selain kanker payudara, kanker serviks adalah jenis serangan penyakit yang cukup sering dialami wanita. Bahkan, di Indonesia sendiri kanker ini menempati urutan ke dua sebagai kanker yang menyerang perempuan. Penyebab kanker serviks secara pasti belum ditemukan, tetapi salah satu yang paling berkaitan dan menjadi penanda adalah karena serangan human papillomavirus atau HPV. Terlebih, kanker ini juga sudah banyak menelan korban jiwa, di mana faktor risiko kematian cukup tinggi.

Penyebab Kanker Serviks

Untuk tahu apa saja faktor yang membuat seseorang berisiko tinggi terkena kanker leher rahim ini, berikut adalah ulasannya.

Faktor-Faktor yang Meningkatkan Risiko Terkena Kanker Serviks

1. Inveksi HPV
Faktor paling kuat yang menyebabkan seseorang mendapat kanker serviks adalah karena virus HPV. Virus jenis ini pun dapat menginfeksi berbagai bagian tubuh, mulai dari kulit, alat kelamin, sampai anus, mulut, dan juga tenggorokan. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari yang menimbulkan penyakit ringan, sampai penyakit berat seperti kanker serviks.

HPV penyebab serviks ada sekitar 13 jenis, terutama virus yang menghasilkan protein E6 dan E7. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melakukan vaksin HPV sedini mungkin, terutama bagi wanita yang berusia di bawah 26 tahun.

2. Faktor Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh merupakan faktor alami seseorang bisa tetap sehat meskipun melakukan berbagai macam kegiatan atau terpapar penyakit di sekitar. Namun, ketika sistem kekebalan tubuh ini menurun, tubuh manusia akan mudah terinfeksi penyakit terlebih virus. Beberapa yang memengaruhi penurunan sistem imun adalah pengobatan jenis tertentu, atau bahkan karena kondisi tubuh yang semakin lemah seperti menderita HIV atau penyakit lain yang memang menyerang imunitas. Ketika hal tersebut terjadi, risiko terkena kanker serviks akan semakin tinggi.

3. Faktor Penyakit Menular Seksual
Penyakit menular seksual merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kegiatan seksual. Beberapa penyakit yang timbul akibat hubungan seksual yang tidak sehat antara lain adalah kondisi kutil kelamin, gonore, klamidia, atau bahkan sifilis. Wanita yang menderita penyakit menular seksual, memiliki risiko lebih tinggi terinveksi HPV dan menyebabkan kanker serviks.

4. Faktor Pola Hidup yang Tidak Sehat
Pola hidup yang tidak sehat biasanya mengakibatkan kegemukan berlebih atau obesitas, yang mana akan meningkatkan risiko terserang kanker serviks. Selain itu, wanita yang merokok juga memiliki risiko yang tinggi. Hal ini karena zat kimia yang ada pada tembakau dapat menyebabkan kerusakan sel DNA, dan akhirnya meningkatkan risiko kanker serviks.

Oleh sebab itu, konsumsi buah dan sayur secara rutin sangat disarankan untuk para wanita. Olahraga dan beraktivitas serta istirahat yang cukup akan sangat membantu mencegah tidak hanya pada kanker serviks, tapi juga masalah kesehatan lainnya.

5. Mengonsumsi pil KB
Kontrasepsi oral seperti pil KB dengan jangka yang cukup panjang juga akan meningkatkan risiko terkena kanker serviks. Inilah mengapa KB spiral atau pun IUD lebih disarankan. Hanya saja, kecocokan kontrasepsi tiap wanita berbeda, sehingga lebih baik konsultasikan ke dokter sebelum memutuskan.

Related Posts

Faktor Risiko yang Menjadi Penyebab Kanker Serviks
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini